Kamus Ilmu
Blog Ilmu Komputer Mengulas Segala Tentang Komputer

Tuesday, October 6, 2009

10 Cara Kuatkan Jaringan Komputer Nirkabel

Seringkali Windows memberitahukan tentang sinyal komputer anda lemah, hal tersebut mungkin dikarenakan koneksi jaringan anda tidak secepat atau tidak sekuat yang semestinya. Lebih buruk lagi, anda bahkan bisa kehilangan seluruh koneksi di bagian rumah anda. Jika anda sedang mencari cara untuk meningkatkan kekuatan jaringan nirkabel anda, cobalah beberapa tips di bawah ini, termasuk untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kinerja.

1. Posisikan wireless router atau titik aksesnya pada lokasi sentral
Jika memungkinkan, letakkan router anda pada tengah-tengah rumah. Jika router anda berhadapan dengan sisi tembok bagian luar, maka sinyalnya akan lemah. Intinya, letakkan router anda sebisa mungkin pada posisi yang terbuka.

2. Jangan letakkan router di lantai dan jauhkan dari tembok serta benda metal lainnya (misalnya lemari besi)
Metal, tembok, dan lantai bisa mengganggu sinyal jaringan anda. Semakin dekat router anda dengan halangan-halangan tersebut, maka semakin lemah sinyal anda.

3. Gantikan router anda dengan antena
Antena yang disediakan di dalam router berfungsi untuk memancarkan sinyal ke segala arah. Jika router anda dekat dengan tembok bagian luar, maka sebagian sinyal anda akan terkirim keluar rumah, yang artinya setengah tenaga router anda terbuang. Untuk itu, anda bisa menambahkan antena “Hi-Gain” yang memfokuskan sinyal kepada satu arah, sehingga anda bisa mengarahkan sinyal hanya kepada tujuan yang anda paling sering perlu.

4. Ganti adapter jaringan nirkabel komputer anda
Sinyal jaringan nirkabel harus dikirim ke dan dari komputer anda. Kadang-kadang, router bisa mengirim sinyal yang kuat ke komputer anda, namun komputer anda tidak bisa mengirim sinyal balik ke router. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengganti adapter kartu jaringan nirkabel PC anda dengan adapter nirkabel USB yang menggunakan antena eksternal.
Untuk laptop dengan jaringan nirkabel di dalamnya, biasanya sudah memiliki antena yang baik dan tidak membutuhkan tambahan.

5. Tambahkan wireless repeater (WR)
WR bisa memperluas jangkauan sinyal anda. Letakkan saja WR di tengah-tengah antara titik akses dengan komputer anda, maka anda akan mendapatkan dorongan tenaga ekstra untuk sinyal. Coba saja lihat-lihat WR milik ViewSonic, D-Link, Linksys, dan Buffalo Technology.

6. Ganti saluran nirkabel anda
WR bisa menyiarkan sinyal dalam beberapa saluran, mirip dengan stasiun radio yang menggunakan beberapa saluran. Kadang-kadang ketika anda sedang mendengarkan satu siaran radio, anda mendapatkan adanya gangguan dari siaran radio lainnya. Untuk itu, coba ganti saluran router anda melalui halaman konfigurasi router. Coba saja lihat apakah kekuatan sinyal anda semakin kuat atau tidak. Jika semakin melemah, tinggal kembalikan kepada saluran semula.

7. Kurangi gangguan nirkabel
Jika anda memiliki telepon tanpa kabel atau benda elektronik nirkabel lainnya di rumah, maka komputer anda seringkali menjadi sulit untuk membaca sinyal dari router anda. Untuk mengurangi hambatan dari benda-benda tersebut, sebisa mungkin jangan gunakan benda elektronik yang menggunakan frekuensi 2.4GHz. Cobalah yang frekuensinya 5.8GHz atay 900MHz.

8. Perbaharui firmware atau driver adapter jaringan
Produsen router biasanya membuat peningkatan gratis untuk router mereka. Kadang-kadang, peningkatan ini bisa meningkatkan kinerja. Untuk mendapatkan updatenya, cobalah kunjungi situs router milik anda.
Begitupun untuk adapter jaringan. Biasanya, para pembuat driver jaringan akan mengkomunikasikan update untuk softwarenya melalui Windows. Coba saja kunjungi Microsoft Update, kemudian masuklah ke dalam pilihan hardware, lalu “optional”. Install update apapun yang diperlukan.

9. Pilihlah perlengkapan dari satu vendor
Walaupun router milik Linksys bisa bekerja dengan adapter jaringan D-Link, anda bisa mendapatkan kinerja lebih baik apabila keduanya berasal dari merek yang sama. Misalnya: Linksys memiliki teknologi “SpeedBooster” untuk produknya dan D-Link memiliki tambahan “108G“.

10. Perbaharui peralatan 802.11b dengan 802.11g
802.11b adalah tipe jaringan nirkabel yang paling umum, tetapi 802.11g memiliki kecepatan kurang lebih 5x lebih cepat. Selain itu, 802.11g juga masih bisa untuk digunakan dengan peralatan 802.11b. Jika anda memang ingin membeli peralatan baru, pilihlah 802.11g.

Sebagai tambahan: Jaringan nirkabel tidak pernah mencapai batar teoritikal bandwidth. 802.11b biasanya memiliki jangkauan 2-5Mbps dan 802.11g adalah 13-23Mbps.