Kamus Ilmu
Blog Ilmu Komputer Mengulas Segala Tentang Komputer

Tuesday, October 6, 2009

Belajar Jaringan Komputer Dengan Software Simulasi Jaringan Packet Tracer



Semakin berkembangnya teknologi informasi memungkinkan perkembangan yang cepat untuk software-software yang beredar di masyarakat. Dan semakin memudahkan banyak orang dalam mempelajari dunia IT lebih cepat. Tidak lepas pula perkembangan dunia IT dalam jaringan komputer. Banyak software yang hadir untuk memudahkan dalam berlajar jaringan komputer mulai dari basic atau dasar hingga mahir.


Anda bisa saja belajar jaringan komputer dengan menggunakan Virtual Machine atau Microsoft Virtual PC, disitu dengan menggunakan 1 komputer Anda bisa belajar mengkoneksikan beberapa komputer secara virtual. Tetapi untuk jumlah yang banyak mungkin bisa merepotkan.


Ternyata ada software pengembangan Cisco System yang memungkinkan Anda melakukan simulasi jaringan secara mudah, cepat dan kompleks. Software tersebut adalah Packet Tracer.

Pada saat artikel ini dibuat sudah mencapai ersi 5.x. Penggunaan software ini bisa untuk pemula, menengah sampai mahir. Karena hanya dengan drag and drop icon (computer, end devices, router, switch, hubs, wireless devices, connections, wan emulation) yang diinginkan, Anda bisa melakukan simulasi jaringan dengan mudah dan cepat.


Beberapa penggunaannya hampir sama dengan setting pada sistem operasi yang biasa Anda gunakan, misalnya untuk setting IP, atau CLI seperti command prompt Windows tersedia di software ini atau mungkin terminal Linux juga terdapat pada software simulasi jaringan ini. Sehingga tidak begitu sulit untuk mengenal dan menggunakan software ini.


Bagi mahasiswa PKN LPKIA Bandung & Universitas Maranatha (Tim Alone Area), software ini sudah terbukti kegunaannya dalam peningkatan ilmu pengetahuan di bidang jaringan atau sejenisnya. Untuk Anda pun para pekerja atau masyarakat umum, software ini pasti sangat berguna pula dalam pekerjaan Anda, percobaan simulasi jaringan bisa Anda gunakan menggunakan software Packet Tracer ini sebelum melakukan jaringan komputer secara real/nyata. Sehingga menghindari resiko kesalahan dan menghemat waktu dalam analisis jaringan komputer.


Anda bisa mendapatkan informasi software ini dengan mengunjungi wesbite CISCO di alamat www.cisco.com.